Mengapa harus banyak membaca

Mengapa harus banyak membaca ? penting dan tidak penting sekali lagi kembali pada pendapat masing – masing. Bagaimanapun juga hal ini adalah relativitas dan semua adalah hak pribadi.

Bagaimanapun juga belajar sebuah cara kita menambah pengetahuan. Dengan pengetahuan kita akan menjadi seorang yang akan berguna dimanapun juga. Salah satu contohnya adalah tokoh – tokoh yang ada sekarang dan sering muncul di layar televisi. Mereka menjadi seperti sekarang tentu tidaklah mudah. Dan pasti ada alasan mengapa mereka bisa seperti sekarang.

Tidaklah mudah menjadi besar dan terkenal tanpa melalui proses yang berliku. Jika ada yang langsung menjadi besar adalah sebuah keberuntungan. Sedangkan keberuntungan tidaklah ada sekolah yang mengajarinya. Hanya Alloh yang tahu jika sudah membahas keberuntungan. Pada dasarnya tidak ada sekolahnya jika membahas bagaimana menjadi seorang yang beruntung.

Perlu Anda ketahui : Mengapa Sebaiknya Mempunyai Website

Mengapa perlu membaca
ilustrasi pentingnya membaca

Akan tetapi jika belajar mengenai bagaimana menjadi pintar pasti banyak referensi yang bisa kita dapatkan. Karena memang bisa dipelajari dan kemungkinan bisa dipelajari. Bagaimanapun juga membaca adalah satu aktivitas yang memiliki segudang manfaat. Sedikitnya ada 8 manfaat yang dapat diperoleh.

  1. Meningkatkan kemampuan berpikir
    Otak ibarat sebuah pedang, semakin diasah akan semakin tajam. Kebalikannya jika tidak diasah, juga akan tumpul.

    Apakah alat yang efektif untuk mengasah otak?Jawabannya adalah membaca. Menurut Astri Novia (2010) pilihlah satu jenis buku yang Anda sukai, apakah literature klasik, fiksi ilmiah, atau buku pengembangan diri. Dengan cara ini otak akan bertambah kuat. Bacalah buku sebanyak mungkin. Menurut para ahli, keuntungan dari membaca buku dapat memberikan dampak yang menyenangkan bagi otak kita. Membaca juga membantu meningkatkan keahlian kognitif dan meningkatkan perbendaharaan kosakata.

  2. Melatih Pemahaman
    >Contoh nyata dari manfaat ini banyak dirasakan oleh siswa maupun mahasiswa. Di mana membaca dapat meningkatkan pemahaman dan memori, yang semula tidak mereka mengerti menjadi lebih jelas setalah membaca. Logika sederhana saja, tidak mungkin siswa atau mahasiswa memahami materi pelajaran/kuliah kalau mereka tidak membaca. Dari sini jelas bahwa membaca sangat berperan dalam membantu seseorang untuk meningkatkan pemahamannya terhadap suatu bahan/materi yang dipelajari.
  3. Meningkatkan wawasan dan ilmu pengetahuan
    Manfaat yang satu ini mungkin sudah sering kita dengar semenjak kita masih kecil. Kita pasti ingat berapa kali guru-guru kita mengingatkan bahwa membaca adalah satu sarana untuk membuka cakrawala dunia. Dengan memiliki banyak wawasan dan ilmu pengetahuan, kita akan lebih percaya diri dalam menatap dunia. Mampu menyesuaikan diri dalam berbagai pergaulan dan tetap bisa servive dalam menghadapi gejolak zaman.
  4. Melatih kemampuan menulis
    Selain menambah wawasan dan ilmu pengetahuan, memebaca juga bisa mengasah kemampuan menulis Anda. Selain karena wawasan Anda untuk bahan menulis semakin luas, Anda juga bisa mempelajari gaya-gaya menulis orang lain dengan membaca tulisannya. Lewat membaca Anda bisa mendapatkan kekayaan ide yang melimpah untuk menulis.
  5. Meningkatkan kemampuan berbicara di depan umum
    Membaca adalah aktivitas yang akan membuka cakrawala dan pengatahuan anda terhadap dunia. Terbatasnya jangkauan diri kita terhadap peristiwa-peristiwa di dunia, hanya bisa dijangkau dengan membaca. Selain mendapatkan informasi tentang berbagai peristiwa, membaca juga mampu meningkatkan pola pikir, kreativitas dan kemampuan verbal, karena membaca akan memperkaya kosa kata dan kekuatan kata-kata. Meningkatnya pola pikir, kreativitas dan kemampuan verbal akan sangat mendukung dalam meningkatkan kemampuan berbicara di depan umum.
  6. Menambah daya Konsentrasi
    Orang yang suka membaca akan memiliki otak yang lebih konsentrasi dan fokus. Karena fokus ini, pembaca akan memiliki kemampuan untuk memiliki perhatian penuh dan praktis dalam kehidupan. Ini juga mengembangkan keterampilan objektivitas dan pengambilan keputusan.
  7. Menghindari risiko penyakit Alzheimer
    Membaca benar-benar dapat langsung meningkatkan daya ikat otak. Ketika membaca, otak akan dirangsang dan stimulasi (rangsangan) secara teratur dapat membantu mencegah gangguan pada otak termasuk penyakit Alzheimer. Penelitian telah menunjukkan bahwa latihan otak seperti membaca buku atau majalah, bermain teka-teki silang, Sudoku, dan lain-lain dapat menunda atau mencegah kehilangan memori. Menurut para peneliti, kegiatan ini merangsang sel-sel otak dapat terhubung dan tumbuh.
  8. Sarana Instropeksi Diri
    Kita dapat mengetahui pemikiran seorang pengusaha atau seorang trainer tanpa kita harus menjadi pengusaha atau trainer. Artinya kita bisa mempelajari bagaimana cara orang lain dalam mengembangkan diri. Ini penting bagi kita sebagai bahan pertimbangan atau pembanding sebelum kita melakukan suatu hal. 

Beberapa hal di atas menjadikan kita wajib untuk terus Mengapa harus banyak membaca selalu kita jaga sampai kita terus merasa kurasa pintar.

Advertisements

Author: cara-belajar

Semoga bisa menambah wawasan dalam Belajar Internet Marketing kita

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s